Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger

Rabu, 20 Juni 2012

Sukabumi Sediakan 2000 Lowongan Kerja, Berminat?



Senin, 18 Juni 2012, 15:30 WIB

Sukabumi Sediakan 2000 Lowongan Kerja, Berminat?
Pengangguran produktif mencari lowongan pekerjaan
REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mencatat ada sekitar 2 ribu lowongan pekerjaan tersedia di Kabupaten Sukabumi dari berbagai bidang pekerjaan khususnya di industri.
"Dari data yang masuk ke kami ada sekitar 2 ribu lowongan pekerjaan yang terdapat di Kabupaten Sukabumi, dan mayoritas pekerjaan yang bergerak di bidang industri," kata Entang Suryaman, Staf Pengawasan Tenaga Kerja Dalam Negeri Disnakertrans Kabupaten Sukabumi, Senin (18/6).
Menurut Entang, lowongan pekerjaan tersebut baru beberapa perusahaan saja dan baru dua bidang pekerjaan yakni industri dan retail, padahal di Kabupaten Sukabumi terdapat sembilan bidang pekerjaan, sehingga warga tidak perlu khawatir tidak mendapatkan pekerjaan.
"Lowongan pekerjaan yang tersedia jenjang pendidikannya ada yang minimal lulusan SMP, namun tetap harus sudah berumur 18 tahun atau berumah tangga," tambahnya.
Dari data 2011, ada sekitar 2.000 warga Sukabumi berusia produktif menganggur yang mayoritas adalah lelaki, bahkan setelah kelulusan ini angka pengangguran bisa bertambah.
"Angka pengangguran di Kabupaten Sukabumi setiap tahunnya berfluktuatif dan meningkat saat kelulusan sekolah," kata Entang.
Kepala Disnakertrans Kabupaten Sukabumi, Aam Amar Halim mengatakan, di Kabupaten Sukabumi terdapat 1.019 perusahaan dan untuk jumlah tenaga kerja wanita sebanyak 75 ribu dan pria 67 ribu.
Sementara dari Januari sampai pertengahan Juni ada sekitar 6.000 pelamar, terlihat dari banyaknya warga Kabupaten Sukabumi yang membuat kartu tenaga kerja.
"Walaupun cukup banyak lowongan pekerjaan tetapi masih ada kendala di masyarakat seperti sumber daya manusia yang minim, kemampuan dan pendidikan yang rendah sehingga banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja tetapi tidak diminati karena jenjang pendidikan dan kemampuan yang dibutuhkan tidak sesuai," kata Aam.
Maka dari itu, pihaknya berusaha untuk menekan angka pengangguran di Kabupaten Sukabumi dengan memberikan pelatihan kemampuan di setiap bidang pekerjaan.
Redaktur: Yudha Manggala P Putra
Sumber: Antara

0 komentar:

Poskan Komentar