Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger

Jumat, 22 Juni 2012

Promosi Bisnis yang Efektif dan Praktis

Adopted from Tip Bisnis Sukses

Untuk apa promosi ?

Pertanyaan itu mungkin anda pikir adalah pertanyaan yang konyol ‘ya jelas – jelas promosi itu untuk menawarkan produk pada calon konsumen’ Tapi menurut saya walaupun agak konyol, tapi pertanyaan seperti itu penting untuk kita fikirkan kembali. Untuk apa sebenarnya Promosi Bisnis ? Apakah promosi bisnis Anda hanya semata – mata untuk memberitahu pada konsumen bahwa ada sebuah produk yang anda jual ?

Kegiatan promosi bisnis di internet tujuan utamanya memang untuk mengenalkan konsumen pada produk kita, namun demikian harus kita pahami bahwa untuk menuju ke arah situ kita harus mengantarkannya pada media bisnis kita, yaitu website. Promosi bisnis secara langsung yang berkaitan dengan produk sebenarnya ada di website yang kita buat, agar orang melihat promosi yang kita tulis di website kita, maka kitapun harus melakukan promosi agar orang mau berkunjung pada website kita. Anda setuju dengan pernyataan saya itu ?

Kegiatan promosi bisnis sangat berkaitan dengan upaya peningkatan traffic website kita. Sampai berapa banyak orang yang berkunjung ke situs kita setiap hari ? Itu yang menjadi fokus kegiatan berpromosi kita. Ada dua kategori dalam berpromosi yaitu ‘online’ dan ‘offline’.

A. Promosi Offline
Mengapa promosi bisnis secara offline saya masukan di sini, bukankah kegiatan bisnis kita cenderung online, mengapa harus ada promosi offline ?
Harus anda pahami bahwa walaupun kita melakukan bisnis ini 100 % online, kita juga tidak bisa sekonyong – konyong mengesampingkan usaha – usaha offline. Banyak orang yang beranggapan bahwa promosi offline tidak baik, tapi padahal banyak terbukti bahwa dengan promosi offline dapat membantu memberikan statistik kunjungan yang tinggi ke situs kita.
Saya berikan pemisalan dalam promosi offline, buatlah sebuah stiker atau semacamnya lalu tuliskan di sana alamat situs anda, tempel stiker itu di mobil atau motor anda. Anda bayangkan berapa ratus orang yang akan melihat alamat situs anda ketika anda memakai motor atau mobil anda. Semakin banyak orang yang melihat alamat situs anda, potensi kunjungan terhadap situs anda akan semakin tinggi.
Contoh lain misalnya anda buat sebuah kartu nama dan di kartu nama tersebut anda cantumkan alamat situs anda. Bukankah itu salah satu promosi yang cukup efektif untuk orang tau bahwa anda mempunyai sebuah situs. Promosi semacam itu bisa dikatakan promosi yang cukup murah dan tanpa pajak.
Cobalah anda kemukakan ide Promosi Bisnis offline lainnya, tentunya yang efektif, murah, dan legal. Jangan remehkan hal yang anda anggap sepele !

B. Promosi Online
Promosi jenis ini tentunya menggunakan fasilitas internet yang memang memiliki potensi yang sangat besar. Ada beberapa macam promosi online yang dapat kita lakukan. Mari kita bahas bersama, antara lain sebagai berikut :

1.Mesin Pencari (Search Engine)
2.Iklan
3.Signature dalam e – mail
4.Menulis artikel
5.Aktif dalam berbagai forum
6.Pertukaran banner

0 komentar:

Poskan Komentar