Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger

Selasa, 26 Juni 2012

Fadhilah Thibbun Nabawi (Keutamaan Pengobatan Nabi)



“Pengobatan ala Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam diyakini mendatangkan kesembuhan karena bersumber dari wahyu, sedangkan pengobatan yang lainnya, kebanyakan berdasarkan praduga dan eksperimen.” 
[Fathul Baari 10/170, Darul Ma’rifah, Beirut, 1379 H, Asy-Syamilah]

Tahukah anda, apa itu thibbun nabawi? thibbun nabawi adalah metode pengobatan ala Rasulullah SAW. Sedangkan untuk istilahnya sendiri datang dari para dokter muslim sekitar abad XIII untuk menunjukkan ilmu-ilmu kedokteran yang berada dalam bidang bingkai keimanan pada Allah SWT, sehingga terjaga dari sifat syirik, takhayul dan khurafat. 


  • Habbatussauda (Jintan Hitam)
    "Hendaknya kalian mengonsumsi Habbatussauda, karena sesungguhnya di dalam Habbatussauda (Jintan Hitam) terdapat penyembuh bagi segala macam penyakit kecuali kematian". (HR. Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Ahmad dan Ibnu Hibban )

    Manfaat yang dapat diambil:
    Dapat membunuh bakteri, menghilangkan penyakit alopecia, kusta, demam, batuk berdahak, maag, nyeri haid, ASI tidak normal, dll. Selain itu juga dapat menyembuhkan penyakit liver, Ginjal, Tumor, Asam Urat, Kanker , Sakit gigi, Diabetes, Keputihan, ostereoporosis (Rapuh tulang), Paru-paru Rheumatik, penguat system kekebalan tubuh, membuang racun dalam tubuh, menghilangkan/ mengurangi alergi, asma, bronchitis, memecah batu ginjal, memacu pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan, memperlambat proses penuaan sel, menormalkan tekanan darah, memperkuat daya konsentrasi, menyembuhkan impotensi, menyeimbangkan hormone, dll. 

    Mengandung:
    Crystalline Nigellone dan Arginine, Asam Alfa Linolenic dan Asam Linoleic, Karotin, 15 macam asam amino Protein, Karbohidrat, minyak Olatile, Kalsium, Sodium, Potasium, Magnesium, Selenium, Zat Besi, Vitamin A, B1, B2, B6, C, E, dan Niacin.






    • Madu
      “Kemudian makanlah dari tiap macam buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan bagimu. Dari perut lebah itu ke luar minuman madu yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.” (An Nahl:69)
      Diriwayatkan dari Abu Sa'id Al-Khudri r.a.: Seorang lelaki menemui Nabi Saw. dan berkata, "Saudaraku mengalami masalah perut." Nabi Saw. bersabda, "Suruh dia minum madu." Untuk kedua kalinya orang itu datang dan Nabi Saw. bersabda kepadanya, "Suruh dia minum madu." Untuk ketiga kalinya dia kembali dan Nabi Saw. bersabda kepadanya, "Suruh dia minum madu." Kemudian orang itu datang kembali dan berkata, "Aku telah melakukannya." Nabi Saw. bersabda, "Allah berkata benar tetapi perut saudaramu berkata dusta. Suruhlah dia minum madu." Maka ia menyuruhnya minum madu dan dia pun sembuh.

      Manfaat yang dapat diambil:
      Menjaga kesehatan mata, Untuk mengobati luka, Memperkuat sel darah putih, Menambah kesuburan suami istri, Penambah tenaga / stamina, Menstabilkan tekanan darah, Mengobati anemia, Mengobati alergi, Mencegah osteoporosis, Mencegah infeksi pada luka, Mengatasi gangguan pernafasan, Mengatasi sembelit, Menghilangkan gejala penyakit asma, Mengatasi gangguan jantung, Mengatasi radang tenggorokan, Meningkatkan gairah seks, dan masih banyak lagi manfaat dan khasiat lainnya.

      Mengandung:
      Vitamin A, B1, B2, mineral seperti kalsium, natrium, kalium, magnesium, besi,  garam iodine, radium, antibiotik, berbagai asam organic seperti asam malat, tartarat, sitrat, laklat, dan oksalat, tepung sari dan berbagai enzim pencernaan.

      • Siwak
        “Siwak itu pembersih mulut dan diridhai Allah.” (HR. Ahmad)

        “Keutamaan shalat dengan memakai siwak itu, sebanding dengan 70 kali shalat dengan tidak memakai siwak.” (HR. Ahmad)
      Manfaat dan kandungan yang dapat diambil:
      ·         Antibacterial acidsseperti astringents, abrasive dan detergents berfungsi untuk membunuh bakteri, mencegah infeksi dan menghentikan pendarahan pada gusi. Penggunaan siwak pertama kali, akan terasa pedas dan sedikit membakar, karena terdapat kandungan serupa mustard di dalamnya yang merupakan substansi antibacterial acids tersebut.
      ·         Kandungan kimiaKlorida, Pottasium, Sodium Bicarbonate, Fluoride, Silika, Sulfur, Vitamin C, Trimethyl amine, Salvadorine, Tannins dan beberapa mineral lainnya yang berfungsi membersihkan gigi, memutihkan dan menyehatkan gigi dan gusi. Bahan-bahan ini sering diekstrak sebagai bahan penyusun pasta gigi.
      ·         Minyak aroma alami yang memiliki rasa dan bau yang segar, menjadikan mulut menjadi harum dan menghilangkan bau tak sedap. 
      ·         Enzim yang mencegah pembentukan plaque yang menyebabkan radang gusi. Plaque juga merupakan penyebab utama tanggalnya gigi secara premature. 
      ·         Anti decay agent (Zat anti pembusukan)yang menurunkan jumlah bakteri di mulut dan mencegah proses pembusukan. Selain itu, siwak juga turut merangsang produksi saliva (air liur) lebih, dimana saliva merupakan organik mulut yang melindungi dan membersihkan mulut.





      • Minyak Zaitun

        “Konsumsilah minyak zaitun dan gunakan sebagai minyak rambut, karena minyak zaitun dibuat dari pohon yang penuh berkah.” (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

        Manfaat yang dapat diambil:Mengurangi resiko terjadinya penyumbatan dan penebalan pembuluh darah, mengurangi serangan kanker, mencegah timbulnya kanker; kanker rahim, kanker lambung, kanker payudara, kanker colon (usus besar), kanker kulit, mengurangi timbulnya tekak lambung, mengurangi kandungan koresterol, sebagai minyak rambut,  membunuh kutu di kepala, mengurangi peradangan pada sendi, berkhasiat sperti ASI, dan lain-lain.

        Mengandung:
        Zat antioksidan seperti vitamin A dan E
       

      • Bekam atau Hijamah

        "Sebaik-baik pengobatan yang kalian gunakan adalah bekam." (Musnad Imam Ahmad, dishohihkan oleh Al-Albani)

        "Jika ada kebaikan dalam pengobatan yang kalian gunakan, maka itu terdapat dalam bekam." (Shohih Sunan Abi Dawud)

        "Pada malam aku diisro'kan, aku tidak berlalu di hadapan sekelompok malaikat, kecuali mereka itu mengatakan, 'Wahai Muhammad, perintahkan umatmu supaya berbekam!'" (Shohih Sunan Ibnu Majah) 

        "Sesungguhnya pengobatan paling ideal yang kalian gunakan adalah bekam" (Muttafaqun 'alaih)

        Dari Jabir Al-Muqni berkata: "Aku tidak akan merasa sehat sehingga aku berbekam, karena sesungguhnya pada bekam itu terdapat kesembuhan."

        Manfaat yang dapat diambil:
        ·     Menghilangkan berbagai macam penyakit. Rasullulah SAW mengisyaratkan ada 72 macam penyakit yang dapat disembuhkan dengan jalan berbekam, seperti: Asam urat, darah tinggi, jantung, kolesterol, masuk angin, migrain, sakit mata, stroke, sakit gigi, vertigo, sinusitis, jerawat, sembelit, wasir, impotensi, wasir, kencing manis, liver, ginjal, pengapuran dan lain lain.
        ·     Meringankan tubuh. Banyaknya kandungan darah kotor yang menumpuk di bawah permukaan kulit seseorang akan mengakibatkan terasa malas dan berat. Jika dibekam, maka akan meringankan tubuhnya.
        ·     Mengeluarkan darah kotor, baik darah yang teracuni maupun darah yang statis, sehingga peredaran darah yang semula tersumbat menjadi lancar kembali.
        ·     Menajamkan penglihatan. Tersumbatnya peredaran darah ke mata mengakibatkan penglihatan akan menjadi buram. Setelah dibekam, peredaran darah yang tersumbat kembali lancar dan mata bisa melihat dengan terang.
        Dan masih banyak manfaat lainnya.

         

        SEMOGA BERMANFAAT!

        Didapat dari berbagai sumber

      1 komentar:

      hisyam arief mengatakan...

      aku cinta Nabi Muhammad

      Poskan Komentar