Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger

Selasa, 26 Juni 2012

Pengertian Wirausaha Online

A. Pengertian Wirausaha
Wirausaha merupakan orang-orang yang memiliki kemampuan melihat dan menangkap peluang bisnis, mengumpulkan sumberdaya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan dan mengambil tindakan yang tepat dalam memastikan keberhasilan.

B. Ciri – Ciri dan Watak Wirausaha
Seseorang dapat dikatakan sebagai wirausaha apabila ia memiliki ciri – ciri sebagai berikut :
       1. Percaya diri
       2. Berorientasi pada tugas dan hasil
       3. Pengambilan resiko
       4. Kepemimpinan
       5. Orisinalitas
       6. Berorientasi pada masa depan  
                      
Watak yang melekat pada seorang wirausaha adalah :

1. Keyakinan, kemandirian, individualitas dan optimisme
2. Kebutuhan untuk berprestasi, berorientasi laba, ketekunan dan ketabahan, 
    tekad kerja keras, mempunyai dorongan kuat, energik dan inisiatif
3. Kemampuan untuk mengambil resiko yang wajar dan menyukai  
    tantangan           
4. Perilaku sebagai pemimpin, bergaul dengan orang lain, menanggapi saran  
    dan kritik
5. Inovatif dan kreatif serta fleksibel  
6. Pandangan ke depan perspektif        
      
           

Sebagai contoh renungkanlah ilustrasi berikut ini :
Fahmi tinggal di sebuah rumah dengan halaman yang cukup luas yang letaknya dekat dengan stasiun kereta api. Situasi ini dimanfaatkan oleh Fahmi dengan membuka usaha penitipan sepeda motor di halaman rumahnya, ini dilakukan olehnya setelah ia mengamati banyak penumpang kereta yang membawa motor sampai di stasiun sebelum melanjutkan perjalanannya. Usaha in ternyata memberikan hasil yang lumayan, dan dapat dipergunakannya untuk menghidupi keluarganya. Cerita ini menggambarkan betapa Fahmi memiliki ciri dan watak sebagai wirausahawan, dimana ia melakukan usaha dengan percaya diri, berorientasi pada hasil, kreatif, berani mengambil resiko dan memiliki visi pandangan ke depan.

C. Sifat – Sifat Yang Harus Dimiliki Wirausaha
Untuk menjadi seorang wirausahawan yang sukses, diperlukan sifat – sifat sebagai berikut :
       1. Terbuka pada pengalaman
       2. Melihat sesuatu dengan cara pandang yang berbeda
       3. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi
       4. Memiliki rasa tepo seliro (toleransi yang tinggi)
       5. Mampu menerima perbedaan
       6. Independen dalam pertimbangan, pemikiran dan tindakan
       7. Membutuhkan dan menerima otonomi
       8. Percaya pada diri sendiri
       9. Berani mengambil resiko
     10. Tekun dan ulet
Gambar di samping menunjukan seorang wanita yang sedang berjualan barang-barang kelontong, dengan tekun dan ulet ia menjajakan dagangannya dengan berjalan kaki keliling kampung. Hal tersebut merupakan salah satu sifat yang harus dimiliki dalam melakukan kegiatan kewirausahaan.



D. Syarat – Syarat Wirausaha
Setiap wirausahawan pasti ingin sukses dalam menjalankan usahanya. Untuk itu seorang wirausahawan harus membekali dirinya dengan hal – hal sebagai berkut :
       1. Memiliki sikap mental yang positif
       2. Mampu berpikir kreatif
       3. Rajin mencoba  hal – hal yang baru ( inovatif )
       4. Memiliki motivasi dan semangat juang yang tinggi
       5. Mampu berkomunikasi

sumber: e-dukasi.net 

Pengertian wirausaha online:

Sebenarnya  istilah wirausaha online atau ada yang memakai sebutan wirausaha modern belum ada secara resmi  dipakai atau ada dalam kamus besar bahasa Indonesia, namun  kata online yang saya tambahkan disini merujuk pada penggunaan internet untuk menjalankan kegiatan wirausaha itu sendiri. Jadi dalam bahasa mudahnya wirausaha online adalah usaha bisnis yang dilakukan atau dijalankan dengan bantuan internet. Misal dalam usaha penjualan maka mulai dari displai barang, promosinya, pelayanan pelanggan, dan komunikasi dilakukan secara online lewat internet melalui sebuah website penjualan dan semua sarana pendukungnya misal email, chating,dsb.
Jadi semua pekerjaan dan kegiatan bisnis tersebut dilakukan di depan komputer yang terkoneksi internet. Jika sebelumnya kita bisa melihat kegiatan wirausaha seperti gambar seorang wanita yang menggendong barang dagangannya, namun dalam wirausaha online/ wirausaha modern bisa saja kita akan melihat seperti gambar wanita dengan baju merah di atas :) 


Salah satu contoh Anda bisa membaca kisah sukses pak Davit, ia adalah seorang Pengusaha Online yang bekerja dari dalam Rumah, menambang Rezeki dari dalam kamar, namun sekarang ia bisa merambah Pasar Dalam dan Luar Negeri.


Selamat memanfaatkan internet untuk berwirausaha.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum. Salam sejahtera semuanya.
“Jiwa seorang mukmin masih bergantung dengan hutangnya hingga dia melunasinya.”
“Barangsiapa yang mati dalam keadaan masih memiliki hutang satu dinar atau satu dirham, maka hutang tersebut akan dilunasi dengan kebaikannya (di hari kiamat nanti) karena di sana (di akhirat) tidak ada lagi dinar dan dirham.”
Ya benar Hutang wajib dibayar, lalu bagaimana dengan kondisi seseorang yang lagi berhutang tapi sangat sulit untuk membayar. Ikhtiar sudah, naik gunung turun gunung, Doa sudah, puasa sudah, tahajud sudah, dhuha sudah, tapi kok seolah olah tidak ada jawaban dari sang maha pencipta. Inget, JANJI ALLAH ITU PASTI!!!!.. Sangking mumetnya nyoba masang togel bermimpi dapat ratusan juta sampai milyaran rupiah. Tapi yakin lah di setiap perjuangan dan doa ada waktu yang dijanjikan Oleh ALLAH , nah ini tergantung manusianya, sabar atau tidak, iklas atau tidak, tawaqqal atau tidak. Dalam perjalanan menuju usaha tersebut banyak sekali cobaan, halangan, rintangan. Satu kata Berpikir jernih, Istiqomah! Coba anda renungkan kenapa ya kok gagal melulu, kok apes terus.. ? ada “something’’ yang terlewatkan. Coba disimak ulasan dibawah ini, semoga menjadi hidayah dan tips untuk berpikir maju.!


Orang yg paling buruk untuk dilayani adalah POOR PEOPLE". Dikasih gratis, dipikir mau nipu. Dikasih tau ttg investasi nya kecil, bilangnya hasilnya kecil. Dikasih yg invest nya besar, eh bilangnya ga ada uang.. Dikasih tau untuk coba hal baru, bilang nya tdk punya pengalaman. Dikasih tau bisnis tradisional, dibilang susah. Dikasih tau model bisnis baru, dibilang MLM. Dikasi tau buka toko, dibilang ga bebas. Dikasih tau buka bisnis, bilangnya ga ada pengalaman Poor people punya kesamaan.. Mereka suka bertanya ke google. Mendengarkan teman yg sama susahnya dgn mereka. Mereka berpikir lebih banyak dari profesor dan bertindak lebih sedikit dari orang buta. Coba tanya mereka, "apa yg bisa mereka lakukan" Mereka tidak akan bisa menjawab..
Curhat melegakan hati dan pikiran
Sharing menambah wawasan
By.suryaprtama099@gmail.com

Posting Komentar